• Keutamaan Bershalawat Atas Rasul

    Keutamaan Bershalawat Atas Rasul
    Sebagai Rasul dan Nabi terakhir , Muhammad bin Abdullah telah menyempurnakan risalah Islam kepada seluruh umat manusia . Hingga akhir hayatnya , beliau terus menerus berjuang mengakkan kalimat tauhid . manis dan nikmat Islam yang kita rasakan sekarang adalah buah panjang dari pengorbanan yang beliau lakukan dahulu . maka sangat pantas jika umatnya senantiasa bershalawat kepadanya sebagai bentuk rasa cinta dan hormat kepada beliau meski tidak dapat bertemu secara fisik .
                Allah subhanahu wa ta'ala berfirman yang artinya :
    “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi . Wahai orang –orang yang beriman !Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan Ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya .” (Al-Ahzab:56)
                Shalawat dari Allah dan para malaikat –Nya adalah pujian dari Allah untuk mereka di hadapan para Malaikat.
    1.      Mendapat pujian dari Allah .
    Abdullah bin Amru radhiallahu anhu meriwayatkan bahwasannya ia mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda yang artinya :
    “Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali .” (HR.Muslim)
    Meski beliau sudah wafat, teruslah bershalawat untuknya . ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan Aus bin Aus radhiallahu anhu  yang artinya :
    “Sesungguhhya di antara hari-harimu yang paling utama adalah hari Jum’at , maka perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari itu (Karena­­) shalawat kalian akan disampaikan kepadaku .” Aus bin Aus berkata ,” Para sahabat bertanya .’ Wahai Rasulullah , bagaimana mungkin shalawat kami bisa disampaikan kepadamu , sementara Anda telah menjadi tulang ( meninggal ) ?’ Beliau bersabda ,’Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta'ala mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi .” (HR. Abu Dawud )
    Bershalawatlah di manapun kita berada . Abu Hurairah radhiallahu anhu meriwayatkan bahwasannya Rasululullah shallallahu alaihi wasallam  bersabda yang artinya :
    “Janganlah kalian jadikan kuburanku sebagai hari raya ( yakni tempat yang selalu dikunjungi dan didatangi pada setiap waktu dan saat ) dan bershalawatlah kepadaku , karena seseungguhnya shalawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada.’(HR.Abu Dawud)
    2.      Akan mendapat balasan salam langsung dari Rasulullah .
    Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata bahwa Rasululullah shallallahu alaihi wasallam  bersabda yang artinya :
    “Tidaklah seseorang memberikan salam kepadaku melainkan Allah akan mengembalikan nyawaku hingga aku membalas salamnya .” (HR.Abu Dawud)
    Bahkan jika disebut nama Rasulullah kemudian seseorang tidak bershalawat maka ia termasuk orang yang celaka , Abu Hurairah radhiallahu anhu  berkata bahwa Rasululullah shallallahu alaihi wasallam  bersabda yang artinya :
    “Celakalah dia  , yaitu seseorang yang ketika disebutkan namaku padanya lalu dia tidak bershalawat atasku .’ (HR.Tirmidzi)
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  mempunyai hak-hak atas umatnya , di antaranya yaitu kecintaan kepada beliau . Dan salah satu bentuk cinta kepada beliau adalah dengan memperbanyak shalawat dalams setiap keadaan . Allah subhanahu wa ta'ala telah memerintahkan hal itu kepada orang-orang mukmin dan juga menjanjikan pahala yang besar dengannya . sebaliknya ., Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  mendoakan kecelakaan bagi siapa saja yang disebutkan nama beliau padanya lalu ia tidak bershalawat atas beliau .
    Adapun Hikmah dari untaian hadits di atas :
    1.      Dianjurkan untuk bershalawat atas Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  ..
    2.      Dianjurkan untuk memperbanyak shalawat atas Nabi shallallahu alaihi wasallam   , khususnya pada hari Jum’at ..
    3.      Pahala yang besar bagi siapa saja yang selalu bershalawat atas Nabi shallallahu alaihi wasallam  .
    Umroh murah langsung madinah menggunakan Pesawat saudiairlines fasilitas hotel bintang 4 dengan pelayanan maksimal hanya di salamtour.com

    Daftarkan diri anda sekarang juga !!!
    Seat Terbatas !!!

  • 0 komentar:

    Posting Komentar