• Nasihat Nabi Sehari-Hari ( Memuliakan Tamu )



    Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu mengisahkan bahwa seorang laki-laki bertamu ke rumah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam . beliau lantas bertanya kepada istrinya, yang artinya: “Punya makanan apa kita untuk menjamu tamu ini?” Istri beliau menjawab, “Tidak ada, yang ada hanya air.” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada para sahabat, “Siapakah yang mau mengajak atau menjamu orang ini?” Seorang laki-laki Anshar berkata.” Aku.”
    Sahabat Anshar itu pulang bersama laki-laki tadi menemui istrinya, lalu berkata, “Muliakanlah tamu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ini.” Istrinya berkata, “Kita tidak memiliki apa-apa, kecuali sepotong roti untuk anak kita.”
    Sahabat Anshar berkata, “Suguhkanlah sepotong roti itu, lalu matikan lampu dan tidurkan anak kita.” Ketika mereka hendak menikmati makan malam, maka istrinya menyuguhkan makanan itu. Lalu ia mematikan lampu dan menidurkan anaknya, kemudian ia berdiri seakan hendak memperbaiki lampunya, lalu mematikannya kembali. Suami-istri ini hanya menggerak-gerakkan mulutnya (seperti mengunyah sesuatu) seolah-olah keduanya ikut menikmati hidangan. Kemudian keduanya tidur dalam keadaan lapar, karena tidak makan malam.
    Keesokan harinya, pasangan suami-istri itu menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam . beliau bersabda, yang artinya: “Malam ini Allah ridha dan kagum karena perbuatan kalian berdua.” Lalu Allah subhanahu wa ta’ala menurunkan firman-Nya dalam surat al-Hasyr :9, yang artinya, “Dan mereka lebih mengutamakan orang lain (Muhajirin) dari pada diri mereka sendiri sekalipun mereka memerlukan apa yang mereka berikan itu. Dan barang siapa yang di pelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang bruntung.”
    Pertanyaannya sekarang, apa gerangan yang membuat Allah ridha dan kagum kepada orang tersebut? Tiada lain adalah karena orang tadi rela anaknya tidak makan, tidur malam dalam keadaan lappar, hanya demi untuk memuliakan tamu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.


    Salamtour hadirkan paket umroh murah pesawat saudiairlines langsung Madinah.

     
  • 0 komentar:

    Posting Komentar