• Tentang Teman Dan Kawan

    Tentang Teman Dan Kawan
    Allah Ta’ala mengabarkan kepada hamba-hamba-Nya supaya menjalin persahabatan atas dasar iman dan takwa. Sebab, tanpa dasar iman dan takwa persahabatan hanyalah semu. Allah Swt berfirman yang artinya :

    “Teman-teman karib pada hari itu saling bermusuhan satu sama lain, kecuali mereka yang bertakwa. (Az-Zukhruf:67)

    Rasulullah shalallahu alaihi wa sallammenggambarkan kepada umatnya terkait perumpamaan teman yang baik dan teman yang buruk. Abu Musa meriwayatkan, Nabi Shalallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya :

    “Perumpamaan teman yang baik dan teman yang buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. penjual minyak wangi mungkin akan memberikan hadiah minyak wangi kepadamu, atau engkau akan membeli minyak wangi darinya, atau setidak-tidaknya engkau akan mendapatkan bau semeerbak minyak wangi.Adapun bersama tukang pandai besi, bisa jadi bajumu akan terbakar, atau jika tidak engkau pasti akan mendapati bau yang tidak sedap darinya, (HR.Bukhari dan Muslim)

    Di dalam hadits yang lain disebutkan, Abu Hurairah meriwayatkan, Nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya :

    BACA JUGA: ARTIKEL ISLAMI LAINNYA

    “Seseorang itu tergantung dengan agama teman dekatnya, maka hendaklah salah seorang di antara kalian melihat siapa yang menjadi teman dekatnya. (HR.Abu Dawuddan Tirmizi)

    Teman dan kawan mempunyai pengaruh yang besar bagi seseorang. Secara umum, seseorang akan mengikuti akhlak teman-temannya, baik itu akhlak baik maupun akhlak buruk. oleh karena itu, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam telah memberikan dorongan untuk memilih teman yang saleh.
    Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam mengibaratkan teman yang saleh seperti seorang penjual minyak wangi yang tidak akan habis manfaat darinya. Berkebalikan dengan teman yang buruk, maka ia pasti akan mengikuti keburukannya.
    Pelajaran yang bisa kita petik dari pemaparan di atas adalah:

    • Siapa saja yang pertemanannya di bangun atas selain ketakwaan dan untuk selain kecintaan karena Allah, maka ia akan berubah menjadi permusuhan pada hari kiamat.
    • Wajibnya memilih teman yang saleh.
    • Teman itu memiliki perngaruh yang besar terhadap seseorang.

    Umroh murah langsung madinah menggunakan pesawat saudiairlines fasilitas hotel bintang 4 dengan pelayanan maksimal hanya di salamtour.com

  • 0 komentar:

    Posting Komentar