• Beberapa Keistimewaan Hari Jumat dalam Islam



    Beberapa Keistimewaan Hari Jumat dalam Islam

    Dalam Islam, semua hari adalah baik. Tetapi ada satu hari yang di anggap hari itu adalah hari terbaik dan memiliki keistimewaan serta nilai sejarah yang sangat panjang. Hari tersebut adalah hari Jum'at, hari Jum'at adalah hari keenam dalam satu pekan. Kata Jumat diambil dari Bahasa Arab, Jumu'ah yang berarti beramai-ramai, diambil dari tata cara ibadah kaum Muslim yang dilakukan pada hari ini.

    Hari Jumat memang memiliki beberapa keutamaan di antaranya adalah kita umat Islam laki-laki khususnya di wajibkan untuk melakukan ibadah shalat Jumat berjamaah di masjid pada waktu dzuhur. Selain itu, ada banyak lagi keutamaan serta keistimewaan hari Jumat yang harus Anda ketahui, berikut ini beberapa di antaranya:

    1. Hari Jum'at adalah Hari Terbaik

    Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabada: "Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum'at"

    2. Terdapat Waktu Mustajab untuk Berdo'a.

    Abu Hurairah berkata Rasulullah bersabda: "Sesungguhnya pada hari Jum'at terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu" (HR. Muttafaqun Alaih)

    Ibnu Qayyim Al Jauziah – setelah menjabarkan perbedaan pendapat tentang kapan waktu itu mengatakan: "Diantara sekian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, sebagaimana ditunjukkan


    baca selengkapnya

    salamtour.com solusi umroh murah dengan pelayanan maksimal !!
  • 0 komentar:

    Posting Komentar