• Keutamaan Siwak dan Perintah Bersiwak



    Islam adalah agama yang mencintai kesucian dan kebersihan. Oleh karenanya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan dengan sangat kepada umatnya untuk bersiwak. Abu Hurairah radhiyallahu’anhu meriwayatkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ”Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan perintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali hendak shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim)
                    Di dalam hadits yang lain disebutkan, dari Anas radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Aku telah banyak memberi peringatan kepada kalian untuk selalu bersiwak.” (HR. Bukhari dan Nasa’i)
                    Di dalam hadits yang lain disebutkan, Aisyah radhiyallahu’anha meriwayatkan bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :”Bersiwak itu dapat menyucikan mulut, dan mendapati ridha Allah.” (HR. Nasa’i)
    Hudzaifah radhiyallahu’anhu juga berkata: “Jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bangun di malam hari, beliau menggosok-gosok mulutnya dengan siwak.” (HR.Bukhari dan Muslim)
                    Syuraih bin Hani’ pernah bertanya kepada Aisyah radhiyallahu’anha :” Dengan aktivitas apa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengawali jika masuk ke rumahnya?” Aisyah radhiyallahu’anha menjawab, “Dengan bersiwak.” (HR. Muslim)
    Hadits-hadits di atas menegaskan bahwa bersiwak dapat menyucikan dan membersihkan mulut. Bersiwak juga merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam secara khusus dalam perkara-perkara yang di syariatkan untuk bersuci dan membersihkan diri, seperti shalat atau ketika terjadi perubahan bau mulut. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat senang dan sering bersiwak serta sering memerintahkan para sahabat untuk bersiwak.
     Pelajaran yang bisa kita petik dari pemaparan di atas adalah :
    1. Penekanan terhadap sunnahnya bersiwak.
    2. Keutamaan bersiwak dan ia dapat mendatangkan keridhaan Allah serta menyucikan mulut.
    3. Lebih ditekankan untuk bersiwak ketika hendak mengerjakan shalat, ketika bangun dari tidur, serta ketika masuk ke dalam rumah.
    Salamtour hadirkan paket umroh murah pesawat saudiairlines langsung Madinah.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar