• Seseorang Akan Dikumpulkan Bersama Orang Yang Dicintai



    Seseorang bersama dengan orang yang ia cintai. Jika ia mencintai orang-orang kafir, maka kelak ia akan dikumpulkan bersama orang-orang kafir. Dan jika ia mencintai hamba-hamba Allah yang shaleh, maka ia juga akan dikumpulkan bersama orang-orang shaleh di surga kelak. Di riwayatkan oleh Anas bin Malik radhiyallahu’anhu, ia berkata : “Seorang Arab badui bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Kapankah Hari Kiamat terjadi ?’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Apa yang telah engkau persiapkan untuknya?’ Dia menjawab, ‘Cinta Allah dan Rasul-Nya.’ (HR. Bukhari dan Muslim)
    Di dalam hadits yang lain disebutkan, Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu’anhu berkata : “Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana menurut anda mengenai seseorang yang mencintai suatu kaum namun ia tidak bisa bertemu dengan mereka?’ Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Seseorang itu akan bersama dengan orang yang dicintainya’.” (HR. Bukhari dan Muslim)
    Di dalam riwayat lain Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Roh-roh itu seperti prajurit yang berkelompok-kelompok, jika sebagian dari mereka saling mengenal, mereka akan menjadi akrab, dan jika sebagian dari mereka saling bermusuhan, maka mereka akan saling berselisih.” (HR. Muslim)
    Tiga hadits di atas menegaskan bahwa cinta karena Allah dan benci karena Allah merupakan ikatan iman yang paling kuat. Orang mukmin diperintahkan agar mencintai orang-orang mukmin dan orang-orang shaleh serta membenci orang-orang kafir. Kecintaan dan kebencian ini merupakan dien yang dapat digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kelak pada hari Kiamat seseorang akan dikumpulkan bersama orang yang dicintainya sewaktu di dunia.
    Pelajaran yang bisa kita ambil dari penjelasan di atas adalah :

    1.       Keutamaan mencintai orang-orang shaleh, dan bahwasannya ia merupakan pnyebab kebersamaan
           mereka kelak di surga, meski sedikit amalnya. 
    2.       Bahaya mencintai orang-orang kafir dan fasik. 
    3.       Barang siapa mencintai suatu kaum, maka ia akan bersama mereka kelak di hari Kiamat.

    Salamtour hadirkan paket umroh murah pesawat saudiairlines langsung Madinah.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar